Beranda    |    Apakah Color Light Output itu    |    Panduan    |    Glosarium    |    Video

Kecerahan Warna & Kecerahan Putih untuk Proyektor

Download Buyer´s Guide to Colour Brightness (PDF)

Glosarium

720p – Aspect ratio 16:9 dari 1280 x 720 piksel dalam mode non-jalinan progresif. Piksel total sebesar 921.600

1080p – Aspect ratio 16:9 dari 1920 x 1080 piksel dalam mode non-jalinan progresif. Piksel total sebesar 2.073.000

3LCD – Singkatan dari 3 Chip Liquid Crystal Display

Warna Utama Aditif – Cahaya merah, hijau dan biru. Jika ketiga warna utama digabungkan dengan intensitas 100%, cahaya putih-lah yang dihasilkan.

Ruang warna RGB [MHB] aditif – Ruang warna kolorimetri yang memiliki tiga warna utama (biasanya merah, hijau dan biru) sehingga nilai tristimulus CIE XYZ bisa ditentukan dari nilai ruang warna RGB dengan membentuk kombinasi dari nilai tristimulus CIE XYZ untuk warna utama yang individual.

Hitam – Ketiadaan semua cahaya yang terpantul; warna yang dihasilkan saat objek menyerap semua panjang gelombang dari sumber cahaya. Jika 100% warna cyan, magenta, dan kuning digabungkan, akan menghasilkan warna hitam secara teoritis. Dalam penerapan dunia nyata, kombinasi ini menghasilkan warna abu-abu kelam atau cokelat.

Biru – Salah satu dari tiga warna utama

Koordinat kromatisitas – Koordinat yang menentukan posisi dalam diagram kromatisitas. Koordinat kromatisitas sebuah stimulus dihasilkan dari nilai tristimulusnya dengan melakukan perbandingan masing-masing nilai tristimulus dengan jumlahnya.

Diagram kromatisitas – Diagram yang mewakili bidang unit (bidang yang ditentukan oleh persamaan X+Y+Z=1) dalam ruang tristimulus. Lokasi sebuah stimulus dengan seperangkat nilai tristimulus tertentu pada diagram kromatisitas mewakili arahnya dari asal ruang dengan mengabaikan jaraknya.

CIE – Commission Internationale de l'Eclairage. Organisasi internasional yang merekomendasikan standar dan prosedur untuk cahaya dan pencahayaan.

Kolorimeter – Instrumen untuk mengukur kuantitas kolorimetri, seperti nilai tristimulus sebuah stimulus warna.

Kecerahan Warna – Pengukuran keluaran warna dari sebuah proyektor. Makin tinggi Kecerahan Warna makin cerah dan realistik warnanya. Juga dikenal sebagai color light Output

Roda Filter Warna – Perangkat mekanis yang terdiri dari 3 penyaring warna atau lebih yang digunakan dalam sistem proyeksi 1-chip

Cermin Dichroic – Perangkat optik yang digunakan dalam sistem proyeksi 3 jalur untuk membagi cahaya menjadi beberapa sorot. Tiap cermin dichroic disetel untuk memantulkan panjang gelombang cahaya spesifik sambil meloloskan panjang gelombang lainnya. Misalnya, cermin dichroic bisa memantulkan cahaya merah tapi meloloskan cahaya biru dan hijau.

Gamut Warna – Rentang perbedaan warna yang bisa ditafsirkan berdasarkan model warna atau dihasilkan oleh perangkat tertentu.

Colour Light Output – Standar IDMS 15.4 untuk pengukuran keluaran warna dari proyektor. Juga dikenal sebagai Kecerahan Warna.

Ruang Warna – Representasi geometrik atas warna dalam ruang, biasanya berupa tiga dimensi yang menjelaskan cara warna bisa direpresentasikan sebagai angka, biasanya tiga atau empat nilai atau komponen warna (mis. RGB dan CMYK sebagai model warna) dengan sRGB, Adobe RGB 1998 dan Pro Photo RGB sebagai ruang warna.

Roda Warna – Alat teori warna yang digunakan oleh profesional kreatif

Warna Pelengkap – Dua stimulus warna dapat dicampurkan untuk menghasilkan satu warna akromatik.

Kontras – Tingkat variasi antara area terang dan gelap dalam satu gambar.

Kerucut – Sel fotoreseptor dalam retina mata yang bertanggung jawab atas tampilan warna.

Cyan – Salah satu proses pewarnaan tinta untuk pencetakan.

CMY – Singkatan untuk warna Cyan (Sian), Magenta dan Yellow (Kuning).

CMYK – Model warna yang digunakan dalam pencetakan offset 4-warna.

DLP – Singkatan dari Digital Light Processing (Pemrosesan Cahaya Digital).

Gamut Mapping – Mengkonversi koordinat dari dua atau lebih ruang warna menjadi ruang warna biasa.

Green – Salah satu dari tiga warna utama

ICDM – Singkatan dari International Committee for Display Metrology (Komite Internasional untuk Metrologi Tampilan)

IDMS – Singkatan dari Information Display Measurements Standard (Standar Pengukuran Tampilan Informasi). Juga dikenal sebagai International Display Measurement Standard (Standar Pengukuran Tampilan Internasional). Untuk mengunduh kunjungi: http://icdm-sid.org/

IDMS 15.4 – Standar untuk color light output

Hue – Warna dasar sebuah objek, seperti "merah," "hijau," dsb. Ditetapkan oleh posisi sudut dalam ruang warna silindris atau di Roda Warna.

ICC – International Color Consortium (Konsorsium Warna Internasional), badan industri yang bertanggung jawab atas spesifikasi profil dan arsitektur manajemen warna ICC.

Ishihara – Satu pengujian untuk buta warna

K – Tinta Hitam digunakan dalam produksi massal untuk pencetakan fotomekanis, yang digunakan untuk mewakili hitam dalam akronim CMYK untuk menghindari kebingungan dengan "B" untuk Blue (Biru) dalam RGB.

Kelvin (K) – satuan pengukuran terhadap suhu warna.

Lumen – Ukuran terhadap "jumlah" total cahaya tampak yang dipancarkan oleh sebuah sumber.

Luks – Satu lumen per meter persegi.

Magenta – Salah satu proses pewarnaan tinta untuk pencetakan.

Sistem Warna Munsell – Sistem yang banyak digunakan untuk menjelaskan tampilan warna sampel. Sistem Munsell menggunakan pencocokan terhadap sekumpulan sampel dan interpolasi antar sampel tersebut untuk mencapai tampilan sebuah sampel uji yang ada.

Piksel – "Elemen gambar" kecil yang berisi informasi merah, hijau dan biru untuk rendering warna

RGB – Warna utama aditif berupa Merah, Hijau dan Biru, juga menjelaskan model warna.

Merah – Salah satu dari 3 warna utama aditif

Resolusi: – Pengukuran seberapa baik gambar dihasilkan oleh jumlah piksel.

sRGB – Ruang warna yang awalnya dirancang untuk web.

Warna Utama Subtraktif – Cyan, Magenta, dan Kuning. Ketika ketiga warna utama subtraktif ini digabungkan pada pada 100% kertas putih, maka hitam-lah yang akan dihasilkan.

Saturasi, Kroma, Keberwarnaan – Saturasi, Keberwarnaan dan Kroma saling berkaitan tapi berbeda konsep yang mengacu pada intensitas warna spesifik yang diterima Keberwarnaan adalah derajat perbedaan antara warna dan abu-abu. Kroma adalah keberwarnaan berkaitan dengan kecerahan warna lain yang terlihat putih dalam kondisi penglihatan yang sama. Saturasi adalah keberwarnaan warna terkait dengan kecerahannya sendiri.

SID –Singkatan dari The Society of information Display (Masyarakat Tampilan Informasi) http://www.sid.org/

Spektrofotometer – Instrumen yang mengukur intensitas atau cahaya yang dipancarkan sebagai fungsi panjang gelombang atau warna.

Spektroradiometer – Instrumen yang mengukur distribusi kekuatan spektral iluminan.

SVGA – Super Video Graphics Array, jumlah piksel yang mampu ditampilkan proyektor dalam aspek rasio standar 4:3 dengan 800 Horizontal, 600 Vertikal sehingga totalnya 786.000 piksel.

SXGA & SXGA+ – Super XGA, resolusi layar standar 1280x1024 piksel. SXGA pada umum terdapat pada monitor standar,asalkan rasio aspeknya 1.25:1, dibandingkan yang lebih umum rasio 1.33:1 (4:3). SXGA+ merupakan resolusi 1400x1050, yang merupakan rasio persis 1.33:1 dengan piksel total sebesar 1.470.000

Kolorimetri Tri-stimulus – Sekumpulan teknik untuk memprediksi kecocokan warna dengan menyamakan sebuah stimulus dengan sejumlah tiga warna utama yang ditentukan dan dubutuhakan untuk mencocokannya. Jumlah tiga warna utama yang dibutuhkan untuk mencocokannya dengan stimulus adalah nilai dari stimulus yang telah diatur untuk warna utama itu.

Nilai Tristimulus – Jumlah tiga cahaya utama, jika dicampurkan, akan cocok dengan cahaya yang ada bagi seorang pengamat.

UXGA – Ultra Extended Graphics Array adalah 1600 piksel untuk horizontal dan 1200 piksel untuk vertikal (1600 x 1200). Jumlah ini sama dengan total 1.920.000 piksel di layar dalam rasio aspek 4:3.

WUXGA – Wide Ultra XGA, resolusi layar lebar sebesar 1920x1200 atau 1920x1080 piksel dalam aspek rasio 16:10

WXGA – Wide XGA, resolusi layar lebar sebesar 1280x800 dalam rasio aspek 16:10 dengan jumlah total piksel sebesar 1.024.000

XGA – Extended Graphics Resolution, jumlah piksel proyektor yang mampu ditampilkan dalam aspek rasio standar 4:3 dengan horizontal 1024, vertikal 768 sehingga totalnya 786.000 piksel.

Kuning – Salah satu proses pewarnaan tinta pada pencetakan.

Kecerahan Putih – Pengukuran terhadap keluaran Cahaya Putih sebuah proyektor tanpa melibatkan warna.





Unduh Panduan Pembeli tentang Kecerahan Berwarna (PDF)
Unduh Standar  Internasional IDMS 15.4
Lumita